Minggu, 19 Juni 2011

MAYAT TANPA KEPALA DITEMUKAN TERAPUNG DI SELAT JERUJU

Polda Kalteng, Polres Katingan – Kasongan (18/6) – Sesosok mayat laki-laki tanpa kepala ditemukan terapung di pinggir laut tepatnya di dekat muara Selat Jeruju, Pagatan, Kecamatan Katingan Kuala, Kabupaten Katingan. Kondisi mayat yang sudah membusuk tersebut pertama kali ditemukan oleh salah seorang petani setempat bernama Mantin (60), sekitar pukul 14.00 WIB, pada Jum’at (17/6/2011), yang siang itu secara kebetulan melintasi muara tersebut.

Mantin yang siang itu pulang dari kebunnya bersama dengan istri dan anak-anaknya tiba-tiba dikejutkan oleh suatu benda yang saat itu menyerupai boneka. Setelah didekati, ternyata benda tersebut merupakan bagian tubuh manusia dengan kondisi tanpa kepala.

Mengetahui hal itu, Mantin langsung melaporkan peristiwa yang dilihatnya tersebut ke Polsek Katingan Kuala. Begitu menerima laporan, Kapolsek Katingan Kuala AKP Wardiansyah Dinata beserta anggotanya langsung terjun ke TKP dengan menggunakan speedboat milik Polsek Katingan Kuala. Tidak hanya itu, Koramil Pagatan serta warga masyarakat juga turut membantu mengevakuasi mayat yang kondisinya sangat memprihatinkan tersebut.

Akhirnya tepat pukul 16.00 WIB, mayat laki-laki yang saat ini masih diberi identitas Mr. X tersebut tiba di dermaga Pagatan, dengan diangkut menggunakan klotok milik warga setempat. Tibanya mayat di dermaga ini langsung membuat geger masyarakat Pagatan, yang sore hingga petang kemarin langsung memadati dermaga tranportasi air tersebut.

Karena kondisinya yang sudah sangat rusak, akhirnya petugas Kepolisian dibantu oleh petugas medis dari Puskesmas Pagatan langsung melakukan visum et repertum (VER) diatas lanting dermaga ini. Usai menjalani visum, jenazah yang diperkirakan berusia 40 tahun ini langsung dimandikan dan dikafani. Menurut rencana, setelah di sholatkan, jenazah malam tadi langsung dikebumikan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Muslim Pagatan.

Kapolres Katingan AKBP Trisulastoto Prasetyo Utomo, SIK yang dikonfirmasi langsung melalui Kapolsek Katingan Kuala AKP Wardiansyah Dinata membenarkan tentang penemuan sesosok mayat laki-laki tanpat kepala tersebut. Menurut AKP Wardiansyah, karena kondisi mayat yang sudah rusak, maka pihaknya dibantu Koramil dan warga Pegatan langsung berinisiatif mengebumikan Mr. X tersebut. “Malam ini, jenazah tanpa identitas tersebut langsung kita kebumikan. Ini kita lakukan karena kondisi mayat yang sudah membusuk,” kata Kapolsek Katingan Kuala ini kepada Humas Polres Katingan yang dihubungi melalui ponselnya.

Dibenarkan oleh Kapolsek, bahwa kondisi mayat pertama kali ditemukan dalam kondisi yang sudah tidak utuh lagi, karena ada beberapa bagian tubuh yang sudah hilang. Bagian tubuh yang masih utuh adalah tangan sebelah kiri, kedua kaki, dan alat kelamin, serta anggota tubuh bagian lainnya sudah hilang. “ Bagian kepala dan isi perut sudah tidak ada lagi, hanya kelihatan tulang iganya saja. Sewaktu ditemukan mayat mengenakan celana semi levis pendek warna abu-abu merk B.RRR, celana dalam warna unggu merk Kasogi,” tegas AKP Wardiansyah.

“ Tadi ketika diangkat tangan sebelah kanan sebenarnya masih menempel, namun ketika diangkat, langsung terlepas dan ketika dicari oleh anggota kita tidak ketemu lagi,” ungkap mantan Kapolsek Marikit ini.

Ketika disinggung sebab-sebab kematian Mr. X ini, AKP Wardiansyah masih belum berani memastikan terlampau jauh, karena masih terlalu dini jika dirinya menyimpulkan kematian Mr. X tersebut. “Kami masih belum bisa memastikan penyebab kematian korban. Langkah pertama yang akan kami lakukan saat ini adalah melakukan penyelidikan untuk mengetahui siapa identitas sebenarnya dari si korban ini,” terang pria berkumis tebal ini ketika dikonfirmasi petang kemarin.

Namun kabar yang berhembus dari masyarakat setempat yang tidak mau disebutkan namanya, yang sore kemarin menyaksikan dari jarak dekat melihat langsung kondisi terakhir Mr. X ini, menyebutkan kuat dugaan mayat tanpa kepala ini menjadi korban pembunuhan. Kanit Reskrim Polsek Katingan Kuala Brigadir Purnomo yang dihubungi melalui selulernya juga enggan mengungkapkan terlalu jauh penyebab kematian korban. Menurut Brigadir Purnomo, bila dilihat dari mata luka yang ada ditubun korban, kemungkinan Mr. X tersebut mengalami trauma benda tajam. “Dari keterangan salah satu petugas medis kepada Saya tadi, korban kemungkinan sudah meninggal sekitar 2 minggu lalu,” terang Kanit Reskrim Polsek Katingan Kuala ini.

Sebelum dikuburkan, Kapolsek AKP Wardiansyah Dinata memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk melihat dari dekat keadaan Mr. X ini, dan menghimbau kepada masyarakat yang kemungkinan 2 minggu terakhir ini, ada mengetahui salah satu keluarganya yang hilang dan tidak kembali kerumah, untuk segera melaporkan ke Polsek Katingan Kuala. (mur)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar