Rabu, 04 Mei 2011

194 PERSONEL GABUNGAN, SIAP AMANKAN STQ-XVIII TINGKAT PROVINSI KALIMANTAN TENGAH

Polda Kalteng, Polres Katingan - Kasongan (5/5) – Kepolisian Resort Katingan terlihat sangat siap dalam mengamankan penyelegaraan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) – XVIII Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2011 yang baru akan dibuka secara resmi oleh Gubernur Kalimantan Tengah Agustin Teras Narang, SH pada Minggu (8/5/2011) mendatang. Hal ini dikatakan oleh Kapolres Katingan AKBP Trisulastoto Prasetyo Utomo, SIK, Rabu (4/5/2011) pagi, saat menjadi Irup pada Apel Gelar Pasukan dalam rangka Pengamanan STQ – XVIII di halaman Mapolres Katingan kemarin.

Apel gelar pasukan tersebut dihadiri oleh Asisten I Drs. Jainudin Sapri mewakili Bupati Katingan, Kajari Kasongan H. Rusli Hasan, SH, Perwira Peghubung 1015/Sampit Kapten Mas’ud, Kepala Badan Kesbang Linmas Kabupaten Katingan Bambang Harianto, SIP dan para Pejabat Utama Polres Katingan, termasuk tokoh masyarakat dan tokoh agama. Sebelum membacakan amanatnya, Kapolres Katingan AKBP Trisulastoto Prasetyo Utomo, SIK melakukan pengecekan pasukan yang di dampingi oleh Komandan Pasukan Ipda Donny Dwi Handaka, SE, yang dilanjutkan dengan penyematan pita berwarna biru-putih terhadap masing-masing perwakilan dari Polri, TNI, Sat Pol PP dan LLAJ, sebagai tanda kesiapan pengamanan dalam pelaksanaan STQ – XVIII tingkat Provinsi Kalimantan Tengah.

Menurut Kapolres Katingan, dalam pelaksanaan pengamanan nantinya Polres Katingan akan melibatkan sebanyak 194 personel, yang terdiri dari Polri sebanyak 124 personel, TNI sebanyak 10 personel, Dinas Perhubungan (LLAJ) sebanyak 30 personel dan Sat Pol PP Kabupaten Katingan sebanyak 30 personel, yang natinya telah terbagi dalam pembagian ploting kegiatan yang telah ditentukan.

“Adapun untuk sasaran pengamanan, antara lain lokasi stadion sepak bola, jalur lalu lintas disekitar lokasi kegiatan, tempat penyelenggaraan perlombaan, pemondokan kafila, pemondokan juri. Termasuk dalam hal ini pengamanan terhadap panitia, dewan juri, para kafila, para pejabat yang melaksanakan kegiatan STQ – XVIII dan masyarakat yang menyaksikan rangkaian jalannya acara STQ – XVIII. Tak terkecuali terhadap barang atau benda maupun alat transportasi yang digunakan untuk mobilitas peserta dan masyarakat,” terang Kapolres Katingan pada amanatnya.

Diungkapkan AKBP Trisulastoto Prasetyo Utomo, SIK, dalam kegiatan STQ – XVIII tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2011 ini, khususnya dalam acara pembukaan dapat diprediksikan akan dipadati para pengunjung dari berbagai pelosok daerah yang ada di Kabupaten Katingan. Melihat dari prediksi situasi kamtibmas demikian, tidak menutup kemungkinan akan terjadi hal-hal seperti teror bom dan sabotase, intimidasi terhadap peserta maupun juri, terjadinya tindak pidana curanmor, curat dan curas, perkelahian masa atau penonton, kecelakaan maupun kemacetan lalu lintas.

“Sehubungan dengan dilaksanakannya gelar pasukan ini, bertujuan untuk mengetahui kesiapan tugas operasi, baik dari aspek personel, peralatan dan perlengkapan, alat komunikasi, serta dukungan lainnya, termasuk pelibatan komponen masyarakat, disertai cara bertindak yang tepat dan terukur, sehingga tidak ada keraguan dalam pelaksanaan tugas,” tegas mantan Kanit Kontra Intelejen Densus 88 – AT ini dihadapan seluruh tamu undangan dan peserta apel gelar pasukan kemarin.

Diakhir amanatnya, Kapolres Katingan memberikan 5 penekanan kepada anggota yang terlibat dalam pengamanan STQ – XVIII tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2011, pertama siapkan mental fisik, serta kedisiplinan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat; kedua, hindarkan tindakan-tindakan tidak simpatik, arogan, dan sok kuasa, yang tidak mencerminkan prilaku pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat; ketiga, bertindak tegas dan terukur terhadap setiap pelanggaran yang terjadi sehingga tidak berpotensi menimbulkan kekacauan yang terjadi dilapangan; keempat, lakukan kegiatan pencegahan, dengan mengintensifkan tugas penjagaan, pengaturan lalu lintas, pengawalan dan patroli; dan kelima, lakukan koordinasi yang baik dengan instansi terkait dan seluruh komponen masyarakat, sehingga terwujud sinergi, keterpaduan dan kebersamaan.

Usai pelaksanaan apel gelar pasukan kemarin, kegiatan dilanjutkan dengan acara show of force atau unjuk kekuatan yang di ikuti oleh seluruh personel dan kendaraan bermotor yang dilibatkan dalam pengamanan STQ – XVIII tingkat Provinsi Kalimantan Tengah, seperti pasukan pengendali massa (dalmas), lalu lintas, reserse dan intel, serta mobil pemadam kebakaran (damkar), mobil truk tahanan, truk dalmas dan mobil kesehatan juga dilibatkan, dengan route mengelilingi kota Kereng Pangi dan Kasongan. “Show of force atau unjuk kekuatan ini wajib kita laksanakan, ini untuk memperlihatkan dan menunjukan kepada masyarakat bahwa Polres Katingan dengan dibantu aparat keamanan lainnya yang ada di Kabupaten Katingan, sudah siap dalam memberikan pengamanan yang maksimal pada STQ – XVIII tingakat Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2011 ini,” kata Kapolres Katingan ketika diwawancarai oleh para awak media baik cetak maupun elektonik, usai apel gelar pasukan kemarin. (mur)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar