Senin, 11 April 2011

TUKANG OJEK DAN BENTOR DAPAT KAOS GRATIS DARI KAPOLRES

Polda Kalteng, Polres Katingan - Kasongan (12/4) – Sebanyak 127 tukang ojek dan pengemudi becak bermotor (bentor) yang beroperasi di Kasongan dan Kereng Pangi, mendapatkan kaos gratis dari Kapolres Katingan AKBP Teuku Saladin, SH, Senin (11/4/2011) pagi. Kaos yang bertuliskan dan bergambar ahli peramal bernama Aladin tersebut baru akan dibagikan secara cuma-cuma oleh Kapolres Katingan pada Senin malam. Ini disampaikan oleh Kapolres, ketika menerima sekitar 80 perwakilan dari tukang ojek dan pengemudi bentor di aula Sanatha Dharma Loka Polres Katingan, Senin pagi. Diharapkan oleh Kapolres bahwa kaos bertuliskan Aladin ini, bisa dipakai sehari-hari oleh para tukang ojek dan pengemudi bentor ketika melakukan aktifitasnya.

Menurut Kapolres, acara pertemuan dengan para tukang ojek dan pengemudi bentor ini sebenarnya sudah lama digagas dan dijadwalkan oleh Sat Binmas Polres Katingan, namun karena kesibukan dan jadwal yang padat, sehingga baru bisa terlaksana pada Senin kemarin. Selain Kapolres, hadir dalam acara yang penuh dengan keakraban tersebut, Kasat Binmas Akp H. Saprudin Lias dan KBO Lantas Ipda Donny Dwi Handaka, SE.

“Saya mohon ma’af, pertemuan seperti ini baru bisa kita laksanakan sekarang, sekaligus sangat kami sayangkan juga, karena secara kebetelun saya mendapat perintah untuk kembali ke kampung halaman saya di Aceh. Saya dipercayakan oleh pimpinan Polri untuk menduduki jabatan sebagai Wakil Direktur Reserse Umum (Wadir Reskrimum). Bagi saya, jadi Polisi ditugaskan diluar kampung tidak menjadi masalah, yang terpenting dimanapun kita berdinas, kita bisa diterima ditengah-tengah masyarakat. Disini saya juga menyampaikan, saya atas nama Kapolres, atas nama pribadi Saladin beserta keluarga dan seluruh anggota, apabila dalam bergaul sehari-hari, seperti kami sering melakukan razia dilapangan, kemudian ada kesalahan yang disengaja maupun tidak disengaja, saya minta ma’af yang sebesar-besarnya. Demikian pula bila saudara ada dosa dengan polisi, yang saudara sengaja maupun tidak, saya mewakili seluruh polisi yang ada di Katingan ini, saya sudah mema’afkan. Mulai hari ini, detik ini antara polisi dengan tukang ojek tidak ada masalah lagi,” kata Kapolres Katingan, yang langsung mendapat tepuk tangan dari puluhan tukang ojek dan pengemudi bentor.

Menurut Kapolres, peranan ojek dalam menjaga kamtibmas dan memberantas terorisme sangat besar sekali manfaatnya dalam menunjang tugas-tugas Kepolisian di lapangan. “Namun demikian saya tetap berpesan kepada rekan-rekan tukang ojek dan pengemudi bentor, jangan overacting (berlebihan). Ojek boleh saja menangkap pelaku kejahatan, tetapi tidak boleh sampai melakukan pemukulan atau penganiayaan, apalagi sampai main hakim sendiri, itu tidak boleh. Berikanlah informasi yang benar kepada Polisi atau petugas kami dilapangan,” pinta AKBP Teuku Saladin, SH kepada puluhan tukang ojek dan pengemudi bentor.

“Perbedaan suku jangan membuat kita semakin jauh. Tanamkan kebersamaan, kalau ada yang ingin membenturkan atau mengadu domba, laporkan segera atau berikan informasi kepada Polisi. Bila ada kejadian, yang dimana antara pelaku dan korbannya berbeda sukunya, Saya ingatkan, janganlah dilihat dari perbedaan sukunya, tapi lihatlah dari duduk permasalahannya, kasusnya apa, jangan sekali-kali bawa nama suku dalam permasalahan,” kata Kapolres Katingan ketika mengakhiri arahannya.

Setelah Kapolres, KBO Lantas Ipda Donny Dwi Handaka, SE juga sempat memberikan beberapa arahan kepada para tukang ojek dan pengemudi bentor, terkait dengan tertib lalu lintas sekaligus sebagai perkenalan diri. “Saya mohon kerjasama yang baik dengan saudara-saudara dari tukang ojek dan pengemudi bentor. Saya mengharapkan pula agar saudara-saudara dapat tertib administrasi, seperti selalu membawa SIM dan STNK bila sedang mengendarai kendaraannya, serta kelengkapan kendaraan yang lain, seperti kaca spion dan gunakannya selalu helm, agar perjalanan kita selalu aman,” kata Ipda Donny Dwi Handaka, SE kemarin. (mur)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar