Kamis, 24 Maret 2011

SENJATA API ANGGOTA DIPERIKSA

Kasi Propam : “Anggota tidak ada yang menyimpan senpi dinas dirumahnya, karena senpi yang dipinjam pakaikan harus tetap dibawa kemanapun anggota tersebut bertugas.”

Polda Kalteng, Polres Katingan - Kasongan (25/3) – Setelah pada Senin lalu dilakukan tes psikologi, yang menjadi persyaratan utama untuk pinjam pakai senjata api dinas dilingkungan Polri. Kali ini, Kamis (24/3/2011) sekitar pukul 08.00 WIB, giliran Seksi Propam melakukan pemeriksaan senjata api dinas yang selama ini dipinjam pakaikan kepada anggotanya. Pemeriksaan yang dilakukan oleh Seksi Propam ini tidak hanya terhadap anggota yang memegang senjata api dinas, gudang senjata milik Logistik Polres Katingan yang selama ini dipergunakan untuk menyimpan senjata api berbagai jenis inipun tak luput dari pemeriksaan.

Kapolres Katingan AKBP Teuku Saladin, SH yang dikonfirmasi langsung melalui Kasi Propam Ipda Sri Mulyono, membenarkan tentang pemeriksaan ini. “Pemeriksaan ini kita lakukan dengan tujuan agar tidak ada penyalagunaan senjata api yang selama ini dipinjam pakaikan kepada anggota kita. Termasuk dengan amunisinya, apakah masih lengkap atau berkurang. Kalau amunisinya berkurang, akan kita tanyakan langsung kepada anggota tersebut, dipakai untuk apa. Sekaligus kita mengecek kondisi dari senjata api yang selama ini disimpan digudang. Apakah kondisinya masih baik atau tidak,” kata Ipda Sri Mulyono kepada Humas Polres Katingan.

Menurut Ipda Sri Mulyono, sejauh ini, dari hasil pengecekan langsung digudang senpi milik Polres Katingan ini, perawatan yang dilakukan oleh anggota sudah baik. “Saya lihat perawatan yang dilakukan oleh anggota kita dari Logistik yang selama ini dipercayakan untuk merawat senjata-senjata api tersebut sudah bagus dan perlu ditingkatkan lagi. Dari aspek pengamanan juga sudah baik, sudah memenuhi Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku dilingkungan Polri,” tambah Kasi Propam lagi.

“Kita juga melakukan pengecekan terhadap Kartu Senjata Apinya, apakah masih berlaku atau sudah mati masa berlakunya. Tapi syukurlah, Kartu Senjata Api yang dipegang oleh anggota kita semuanya masih berlaku. Kondisi fisik dari senpi yang dipegang oleh anggota, juga masih terawat dengan baik, tidak ada yang berkarat. Sehingga bila dipergunakan oleh anggota, tidak ada masalah,” ujar pria yang dikenal murah senyum ini.

Disinggung mengenai kemungkinan adanya senjata api yang dipegang oleh anggota, telah dimodifikasi warnanya, dibantah langsung oleh Kasi Propam. “Tidak ada, semua senjata api yang Saya cek tadi semuanya masih dalam bentuk aslinya. Tidak ada yang dimodifikasi warnanya, apalagi bentuknya oleh anggota kita. Untuk mengantisipasi hal itu, makanya kita lakukan pemeriksaan secara rutin, seperti yang kita lakukan pada hari ini,” tegas Ipda Sri Mulyono. (mur)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar