Rabu, 30 Maret 2011

POLRES KATINGAN BANGUN KEMITRAAN DENGAN BANK PEMBANGUNAN KALTENG

Polda Kalteng, Polres Katingan - Kasongan (31/3) – Polres Katingan dalam hal ini Sat Binmas, Rabu (30/3/2011) pagi, mengunjungi Bank Pembangunan Kalteng (BPK) Unit Kasongan. Dalam kunjungan singkat ini, Kasat Binmas Akp H. Saprudin Lias ditemui langsung oleh Kepala Unit Bank BPK Kasongan Sakariyas. Menurut Kasat Binmas, kunjungannya kali ini ke Bank BPK Kasongan adalah sebagai upaya membangun kemitraan yang baik dengan pengguna Satuan Pengamanan (Satpam), sekaligus memberikan petunjuk dan arahan tentang antisipasi menghadapi ancaman teror bom yang belakangan ini sering terjadi di ibukota Jakarta dan sekitarnya.

Menurut Akp H. Saprudin Lias, sebagai pembinaan dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) perlu diperkuat terus-menerus jalinan kemitraan antara polisi dengan masyarakat termasuk salah satunya dengan pihak perbankan atau bank. "Sekalipun kamtibmas merupakan tugas pokok Polri namun dalam penyelenggaraannya harus bersama-sama masyarakat. Polri adalah juga milik masyarakat, karena pembangunan Kepolisian pun didanai oleh rakyat dengan pajak yang dibayarnya melalui APBN dan APBD,” kata mantan Kabag Bina Mitra Polres Pisau ini kepada Humas Polres Katingan disela-sela kunjungannya tersebut.

Ditambahkan pula oleh Saprudian Lias, bahwa upaya pemantapan kondisi kamtibmas jauh lebih bermakna daripada sekedar penegakan hukum dan tanggapan reaktif terhadap kejahatan. Karena walaupun sistem organisasi Kepolisiannya baik, pemahaman kemasyarakatan dari personilnya baik, tidak akan sanggup menciptakan kondisi kamtibmas yang mantap tanpa adanya partisipasi aktif dari masyarakat. Sehinga hal yang paling utama dalam pelaksanaan tugas Kepolisian dalam rangka pemantapan kamtibmas adalah partisipasi dari masyarakat.

Karena Polri adalah milik masyarakat maka apabila mendapatkan sesuatu yang jelek dan kurang pada kinerja polisi, masyarakat harus mau mengingatkannya. Kalau mau memberikan saran dan masukkan, silahkan mengirim sms ke hp Saya juga bisa, tentunya dengan menyebutkan nama dan alamat pengirimnya. Dan mengenai isinya harus bisa dipertanggungjawabkan, atau dapat mengirim sms halo polisi melalui harian kalteng pos juga bisa," terang Kasat Binmas.

Disinggung mengenai apakah ada aksi teror bom seperti melalui paket kiriman, ada diwilayah Kasongan, langsung dibantah oleh Kasat Binmas. “Berdasarkan laporan dari anggota intelejen kita, bahwa saat ini diwilayah Kabupaten Katingan khususnya Kasongan masih kondusif. Tidak ada teror bom, seperti yang terjadi di Jakarta beberapa waktu lalu. Walaupun hanya isu, tetapi kita jangan mengabaikannya. Maraknya berbagai kasus kejahatan yang belakangan ini sering terjadi, kesemuanya harus diungkap dan diselesaikan oleh Kepolisian,” tegas pria berkumis tebal ini.

Sementara itu Kepala BPK Kasongan Sakariyas, mengucapkan rasa terima kasihnya atas kerja sama yang telah terjalin dengan Polres Katingan dalam menciptakan situasi yang kondusif ini. “Mudah-mudahan kita dapat meningkatkan kerjasama secara terus-menerus. Sehingga daerah kita Kasongan ini, tetap aman, masyarakatnya tidak ada merasa khawatir bila mengurus ATM, menabung dan membawa uang tunai,” kata Sakariyas singkat. (mur)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar