Rabu, 23 Februari 2011

PELANGSIR BBM DAPAT PENYULUHAN KAMTIBMAS

Lebih dari 80 orang yang sehari-hari bekerja sebagai pelangsir BBM di SPBU maupun APMS di Kasongan mendapatkan penyuluhan Kamtibmas dari Dit Binmas Polda Kalteng.

Polda Kalteng, Polres Katingan - Kasongan (24/2)Tak kurang dari 80 pelangsir BBM, yang sehari-hari mengais rezeki dibidang perminyakan ini, mendapatkan penyuluhan Kamtibmas dari Direktorat Pembinaan Masyarakat Polda Kalteng. Acara yang digelar, pada Rabu (23/2/2011) siang tersebut, dibuka oleh Waka Polres Katingan, Kompol Moh. Fitrah Saleh, SIK di aula Sanatha Dharma Loka Polres Katingan.

Acara ini juga di hadiri oleh Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Katingan, Rentas, SH, Ketua MUI Kabupaten Katingan H. Ahmad Majumi, para Kabag, Kasat Polres Katingan, Kapolsek Katingan Hilir Iptu Beddy Suwendi, pemilik SPBU Lunuk Ramba, Sdr. Werdi dan APMS Armando Jaya, Sdr. Ramba serta tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh pemuda.

Sebagai pembicara pada acara penyuluhan ini adalah Kepala Bagian Pembinaan dan Penyuluhan (Kabag Binluh) Dit Binmas Polda Kalteng AKBP T. Simanjuntak yang didampingi oleh Kasi Bintibmas Dit Binmas Polda Kalteng Akp M. Sapri.

Usai dibuka oleh Waka Polres, para peserta langsung mendengarkan penyuluhan dari AKBP T. Simanjuntak. Dalam penyuluhannya ini, Kabag Binluh banyak menyinggung masalah keamanan dan ketertiban masyarakat, baik di sekitar Kalimantan Tengah maupun skala nasional, seperti adanya masalah kasus Ahmadiyah di Cikeusik – Banten dan penistaan agama di Temanggung – Jawa Tengah.

“Kita jangan meniru seperti kejadian di Cikeusik – Banten dan masalah penistaan agama di Temanggung. Memang kita diciptakan berbeda-beda, tapi jangan dijadikan alasan bahwa perbedaan tersebut menyebabkan kita terpecah-belah. Jangan muda terhasut, terpengaruh dengan kelompok masyarakat tertentu. Jika saudara menemukan serahkan pada aparat Kepolisian atau instansi terkait,” pinta AKBP T. Simanjuntak kepada para peserta yang hadir, kemarin.

“Bila ada anggota kami yang bertugas di Polsek, yang tidak mau melayani masyarakat dan bertindak arogan, segera laporkan ke pimpinannya, seperti Kapolsek, Waka Polres, bila perlu laporkan langsung ke Kapolresnya, karena kami sudah komitmen,” tegas Kabag Binluh.

Diakhir penyuluhannya AKBP T. Simanjuntak berpesan kepada peserta yang hadir agar selalu membantu tugas-tugas Kepolisian dalam menciptakan situasi kamtibmas di wilayah hukum Polda Kalteng.

Setelah mendapat penyerahan dari Kabag Binluh, para peserta juga diberi kesempatan untuk bertanya dan menyampaikan usul-sarannya. Karena para peserta banyak yang hadir dari pelangsir BBM di Kasongan, sehingga banyak peserta yang mengajukan pertanyaan mengenai perijinan serta payung hukum terhadap para pelangsir BBM.

Dari berbagai pertanyaan yang disampaikan oleh para pelangsir tersebut, semuanya telah dijawab oleh Kabag Binluh ABKP T. Simanjutak, Waka Polres Katingan Kompol Moh. Fithrah Saleh, SIK serta Kadis Pertambangan dan Energi Katingan, Rentas, SH. Walaupun belum mendapatkan solusi dalam pemecahan masalah terhadap para pelangsir BBM ini, acara tetap berlangsung dalam suasana kekeluargaan dan penuh keakraban.

Diakhir acara penyuluhan tersebut, salah seorang perwakilan dari para pelangsir BBM, mengajak rekan-rekannya sesama pelangsir untuk dapat lebih tertib, sehingga tidak mengganggu pengguna jalan, sehingga terhindar dari kecelakaan lalu lintas. Setelah acara selesai, acara kemudian dilanjutkan dengan makan siang bersama di Pendopo Polres Katingan, diiringi dengan musik orgen tunggal, sebagai hiburannya. (mur)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar