Kamis, 24 Februari 2011

KABAG OPS SIDAK RUANG TAHANAN


Selalu jaga kebersihan dan berolahraga, walau hanya dengan lari-lari kecil diruang tahanan dan jangan lupa laksanakan ibadah. Inilah 3 pesan yang disampaikan Kabag Ops Polres Katingan Kompol Susilo Setiawan, SIK dalam sidaknya di Rutan Polres Katingan.

Polda Kalteng, Polres Katingan - Kasongan (26/2)Cegah tahanan kabur dan melihat secara langsung kondisi kesehatan para tahanan, Kabag Ops Polres Katingan, Komisaris Polisi Susilo Setiawan, SIK pada Jum’at (25/2/2011) sekitar pukul 09.30 WIB, melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke ruang tahanan Polres Katingan.

Dalam sidaknya, Kabag Ops selain mengecek kondisi ruang tahanan, juga memberikan nasehat kepada para tahanan, yakni untuk selalu menjaga kesehatan dan kebersihan ruang tahanan. “Bapak-bapak sekalian, cukup sekali ini saja, masuk dan merasakan tahanan di Polres Katingan ini, ambil hikmahnya, jangan lagi mengulangi perbuatan pidana. Sebagai umat yang beragama, jangan lupa untuk selalu melaksanakan ibadah,“ pesan Kabag Ops kepada para tahanan.

“Saya juga minta tolong, kebersihan ruang tahanan tetap dijaga, karena dengan ruangan yang bersih, dapat terhindar dari berbagai penyakit. Tetap menjaga kesehatan, dengan melaksanakan olahraga secara rutin, walau hanya dengan lari-lari kecil,” pinta Kompol Susilo Setiawan, SIK yang kemudian di-iyakan oleh para tahanan.

Usai pelaksanaan sidak, Kabag Ops juga memberikan beberapa arahan dan petunjuk kepada petugas yang piket di ruang tahanan. “ Selalu tetap waspada, jangan sampai kejadian tahanan kabur sampai terulang kembali. Tahanan yang baru saja masuk agar dicek kesehatannya dan ditulis dalam buku mutasi, bila ada tahanan yang sakit, segera melaporkan ke KA SPKT dan Sat Tahti, supaya segera ditindak lanjuti dan mendapatkan perawatan,” tegas Alumnus Akpol 1999 ini.

Dalam sidak ini, Kabag Ops juga didampingi oleh anggota dari Sat Tahti Polres Katingan, yakni Bripka Nasir. Menurut Bripka Nasir, kondisi ruang tahanan Polres Katingan saat ini memang sudah melebihi kapasitasnya, dari 4 ruang tahanan yang dimiliki, seluruhnya penuh. “Saat ini semua ruang tahanan sudah penuh, 4 ruang tahanan yang kita miliki semuanya telah dihuni oleh 35 orang tahanan, yang harusnya hanya berkapasitas 24 orang,” terang Bripka Nasir singkat. (mur)

1 komentar:

  1. kalau bisa tolong diperbanyak artikel ttg tahanan,agar kita bs belajar banyak shg mjd takut jika ingin melanggar hukum

    BalasHapus