Rabu, 18 Mei 2011

PROPAM LAKUKAN TES URINE ANGGOTA

Polda Kalteng, Polres Katingan – Kasongan (19/5)Tidak hanya masyarakat biasa, penyalagunaan narkotika juga bisa saja dilakukan oleh oknum aparat penegak hukum, seperti anggota Kepolisian, yang seharusnya memberantas penggunaan narkoba tersebut. Untuk itu Seksi Propam Polres Katingan, Rabu (18/5/2011) pagi, secara mendadak melaksanakan tes urine bagi seluruh anggota yang menjalankan tugas di Polres Katingan.

Kapolres Katingan AKBP Trisulastoto Prasetyo Utomo, SIK didampingi Waka Polres Kompol Moh. Fithrah Saleh, SIK tampak langsung memantau jalannya pengambilan urine bagi anggotanya. Dikatakan oleh Kapolres Katingan untuk memastikan supaya tidak ada kecurangan pada saat pengambilan urine, setiap toilet dijaga dan diawasi secara ketat oleh petugas dari Propam atau Provost. “Kita tempatkan masing-masing 2 anggota Propam untuk mengawasi pengambilan urine anggota tersebut,” terang AKBP Trisulastoto Prasetyo Utomo, SIK kemarin pagi.

Ditambahkan oleh Kapolres Katingan, tidak hanya anggota Bintara saja yang diambil dan dites urinenya, tetapi seluruh Perwira juga diberlakukan sama. Ini untuk memastikan ada tidaknya anggota polisi Polres Katingan yang mengkonsumsi narkoba. “Kasi Propam Ipda Sri Mulyono, tadi langsung menjadi personel Polres Katingan yang pertama kali diambil dan di tes urinenya,” tegas AKBP Trisulastoto Prasetyo Utomo, SIK disela-sela kegiatan pemeriksaan urine kemarin.

Hal senada diungkapkan oleh Kasi Propam, menurut Ipda Sri Mulyono bahwa jumlah anggota yang pagi kemarin sudah dilakukan pemeriksaan urinenya adalah sebanyak 121 personel, tanpa pengecualian, baik perwira maupun bintara termasuk juga terhadap PNS Polri Polres Katingan tak luput dari pemeriksaan urine tersebut. “Dalam waktu dekat kita juga akan melakukan pemeriksaan urine di Polsek jajaran, tapi kapan waktunya masih kita rahasiakan,” kata Ipda Sri Mulyono kepada Humas Polres Katingan.

Dari hasil pemeriksaan kemarin memang tidak ditemukan ada anggota yang terbukti positif sebagai pengguna narkoba. Namun demikian, Kasi Propam Ipda Sri Mulyono berjanji akan menindak tegas bagi anggotanya yang bilamana nantinya terbukti positif menggunakan narkoba. “Ini kita lakukan untuk mengurangi pelanggaran disiplin anggota, namun bila ada anggota yang terbukti mengkonsumsi narkoba, akan kita pidanakan kasusnya,” ungkap mantan Gadik SPN Tjilik Riwut ini.

Kemarin, ratusan urine milik anggota tersebut, langsung dicek dengan menggunakan alat “test dipstick” yang sudah disediakan oleh Polres Katingan dihadapan Kabag Sumda Kompol Janes H. Simamora, SH dengan disaksikan oleh salah seorang tenaga kesehatan dari Puskesmas Kereng Pangi dan 2 anggota dari Kesehatan (Urkes) Polres Katingan. (mur)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar