Kamis, 26 Mei 2011

9 ANGGOTA POLRES KATINGAN TERJARING RAZIA PROPAM

Polda Kalteng, Polres Katingan – Kasongan (27/5) – Seksi Propam Polres Katingan, Kamis (26/5/2011) kemarin, kembali melakukan Operasi penegakan, ketertiban dan disiplin (Opsgaktibplin). Operasi dengan sasaran utama penertiban terhadap penyalagunaan plat nomor kendaraan dinas ini, dipimpin langsung oleh Kasi Propam Polres Katingan Ipda Sri Mulyono.

Seperti biasa sebelum operasi penertiban ini dilaksanakan, Ipda Sri Mulyono pada pagi harinya terlebih dahulu melakukan pemeriksaan dan pengecekan terhadap kendaraan bermotor yang dipergunakan oleh anggotanya sendiri dari Seksi Propam. Setelah selesai melakukan pemeriksaan, Kasi Propam langsung memberikan pengarahan kepada 6 anggotanya yang pada Kamis pagi kemarin dilibatkan langsung dalam kegiatan operasi penertiban tersebut.

Tentu saja, puluhan anggota yang baru saja akan melaksanakan tugas tersebut dibuat kaget dengan kegiatan operasi yang dilaksanakan secara rahasia oleh pihak Propam ini, yang dilakukan tepat didepan pintu masuk Mapolres Katingan. Terlihat pada operasi penertiban kemarin, satu demi satu kendaraan bermotor milik anggota Polres Katingan di periksa kelengkapannya, mulai dari kaca spion, lampu, ban dan plat nomor kendaraan serta surat kelengkapan diri, seperti STNK, SIM, KTP dan KTA juga tak luput dari pemeriksaan ini.

Operasi yang digelar selama 1,5 jam ini, ternyata Seksi Propam masih menemukan sejumlah 9 anggota Polres Katingan yang melakukan pelanggaran, dengan perincian 3 anggota tidak melengkapi kaca spion kendaraannya, 3 anggota masih menggunakan plat nomor kendaran yang sudah rusak dan 3 anggota kedapatan tidak membawa STNK kendaraannya. Terhadap 9 anggota yang melakukan pelanggaran kemarin, Seksi Propam usai kegiatan operasi penertiban tersebut langsung memberikan tindakan disiplin kepada para anggota ini.

Hal ini dibenarkan oleh Kapolres Katingan AKBP Trisulastoto Prasetyo Utomo, SIK melalui Kasi Propam Ipda Sri Mulyono. Menurutnya, tindakan disiplin ini terpaksa dilakukan oleh pihaknya sebagai efek jera dan sebagai upaya untuk mengurangi pelanggaran disiplin yang dilakukan oleh anggotanya tersebut. Secara umum kedisplinan dan ketaatan anggota dalam berlalu lintas juga sudah sangat baik dan mengalami peningkatan. Dijelaskan oleh Kasi Propam, bahwa anggota Polri memang sebaiknya harus menjadi contoh dan tauladan tentang tata cara berlalu lintas yang baik dan benar bagi masyarakat.

“Tadi sudah kita berikan tindakan disiplin kepada 9 anggota yang melakukan pelanggaran,” kata Ipda Sri Mulyono kepada Humas Polres Katingan di ruang kerjanya kemarin. Dikatakan oleh Ipda Sri Mulyono, hasil pelaksanaan Opsgaktibplin ini juga akan dilaporkan pihaknya ke Bidang Profesi dan Pengamanan (Bid Propam) Polda Kalteng. “Hasil kegiatan ini akan kita laporkan ke Bid Propam Polda,” singkat Kasi Propam.

Masih menurut Ipda Sri Mulyono, pihaknya akan terus secara rutin menggelar operasi penertiban tersebut.” Kegiatan seperti opsgaktibplin ini akan terus kita laksanakan, karena kegiatan ini ternyata sangat ampuh dan pengaruhnya sangat begitu dirasakan oleh anggota. Ini terbukti pelanggaran anggota di Polres Katingan terus mengalami penurunan,” tegas mantan Gadik SPN Tjilik Riwut ini. (mur)

1 komentar:

  1. Salut tu buat Bapak Provam, ya jangan hanya masyarakat saja yang bisa di rajia dan di tilang, anggotapun jika melanggar lalu lintas dan keterteban umum juga harus di tilang atau di kenakan sangsi, semoga sukses.

    BalasHapus