Jumat, 01 April 2011

BINROHTAL BAGI ANGGOTA POLRES KATINGAN

Polda Kalteng, Polres Katingan - Kasongan (1/4) – Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, Kamis (31/3/2011) pagi, anggota Polres Katingan melaksanakan acara Pembinaan Rohani dan Mental (Binrohtal). Acara keagamaan yang rutin diselenggarakan Polres Katingan pada setiap hari Kamis pada minggu ke 4 tiap bulannya ini, wajib diikuti oleh seluruh anggota. Seperti Kamis kemarin, sebanyak 55 personel yang beragam Muslim mengikuti acara Binrohtal di Masjid Al – Hafidz Polres Katingan, sementara sebanyak 20 personel yang beragama Nasrani mengikuti acara kebaktian di aula Sanatha Dharma Loka Polres Katingan.

Seperti di Masjid Al – Hafidz, sebelum ceramah agama dimulai, terlebih dahulu puluhan anggota Polres Katingan ini membaca Surat Yasin, yang dipimpin langsung oleh Ustadz H. Arsad. Setelah membaca Surat Yasin, anggota Polres Katingan ini mendapat siraman rohani dari Ustadz H. Arsad. Dalam ceramahnya, Ustadz H. Arsad menyampaikan tentang Rukun Islam. “Kewajiban umat Islam adalah mempelajari tentang ilmu-ilmu Islam. Rukun Islam adalah termasuk rukun agama, rukun Islam memiliki 5 rukun, yakni mengucapkan dua kalimah syahadat, menegakkan sholat, menunaikan zakat, puasa di bulan Ramadhan, menunaikan ibadah haji bagi yang mampu,” terang Ustadz H. Arsad dalam ceramahnya.

Sementara itu, diaula Sanatha Dharma Loka Pendeta Rudayatik, menyampaikan khotbahnya tentang bersaksi, mengasihi dan melayani. “Sebagai abdi masyarakat kita perlu memperhatikan masyarakat kecil. Seperti pepatah suara masyarakat adalah suara Tuhan. Jadi hendaknya kita sebagai abdi masyarakat dapat menjalankan tugas, dapat bersaksi, mengasihi dan melayani. Sama seperti tugas pokok Polri, yakni pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat. Jadi pesan firman Allah yang tertulis dalam kitab kisah para rasul 6 : 1-7, mengandung makna agar kita sebagai sesama umat manusia dapat saling mengasihi, baik dengan sesama umat beragama maupun kepada masyarakat-masyarakat kecil, tanpa memandang status sosial masyarakat itu sendiri dan hendaknya kita saling mengasihi,” kata Pendeta Rudayatik pada khotbahnya.

Menurut Kabag Perencanaan Polres Katingan Kompol Murianto, yang turut hadir dalam acara di Masjid Al – Hafidz, menerangkan bahwa acara binrohtal ini bertujuan untuk mempertebal iman dan taqwa dari anggotanya, ditengah-tengah kesibukan dalam melayani masyarakat. “Alhamdulillah Polres Katingan di bawah kepemimpinan Kapolres Katingan AKBP Teuku Saladin, SH masih bisa menyempatkan diri untuk melaksanakan program binrohtal ini, semoga kedepannya anggota kita tidak ada lagi yang melakukan pelanggaran,” singkat Kompol Murianto. (mur)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar